Sabtu, 07 Januari 2012

GRASS MEMBINA KUPP TUNAS BANGSA


Krisis ekonomi global benar-benar  menyisakan dampak yang  kompleks untuk diselesaikan. Perekonomian di negara-negara yang sedang berkembang masih sulit untuk bangkit, termasuk Indonesia yang belum sepenuhnya bangkit dari krisis moneter yang terjadi ditahun 1997-1998. Kondisi ini sangat memperparah perekonomian kita.
Banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang gulung tikar, mengakibatkan sulitnya mencari pekerjaan dimasa sekarang ini. Banyak sekali calon pekerja yang berkeinginan untuk bekerja di instansi pemerintahan atau swasta tetapi lapangan pekerjaan saat ini sangat terbatas. Hal ini menyebabkan jumlah pengangguran semakin banyak.
Ini berdampak serius bagi para pemuda yang belum bekerja. Sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan membuat para pemuda terkadang menjadi putus asa bersikap acuh terhadap program yang diberikan oleh pemerintah, bahkan terkadang menunjukkan keputusasaannya ke dalam tindakan-tindakan negative dan kontra produktif. Hal itu wajar karena bekerja merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia.
Salah satu jawaban untuk mengatasi kondisi pemuda tersebut adalah dengan melatih kewirausahaannya. Wirausaha merupakan salah satu usaha untuk mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagaian besar kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat banyak, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Salah satu usaha yang mudah dikembangkan yaitu pemeliharaan ayam kampung. Namun, isu virus flu burung menyebabkan populasi ayam kampung/ayam buras/ayam jawa semakin berkurang. Akan tetapi permintaan pasar justru semakin meningkat. Oleh sebab itulah kami beternak ayam Jawa Super alias Ayam Kampung Super. Dikatakan Super karena dengan masa pemeliharaan selama 45 - 60 hari saja, ayam telah siap dipanen dan dikonsumsi. Dengan masa yang singkat ini maka resiko kematian juga kecil dan keuntungan bagi peternak lumayan. Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, kami yang tergabung dalam kelompok usaha pemuda produktif mendirikan sebuah usaha beternak ayam kampung super yang diberi nama “Tunas Bangsa”.
GRASS sebagai organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat merasa perlu melakukan pendampingan pada kelompok ini. Oleh karenanya dengan bantuan GRASS telah terlaksana  pembangunan kandang ayam berukuran sedang dengan daya tampung 100 ekor ayam di KP.Babakan Pari RT/RW 38/17 Desa Sukaresmi Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar